SEKBID 1
PEMBINAAN KEIMANAN
DAN KETAKWAAN TERHADAP TUHAN YME
Nama : Yudi Asy’ari (Ketua)
Tria Septia Gunady (Anggota)
Syifa Fauziah (Anggota)
No
|
PROGRAM
|
TUJUAN
|
PELAKSANAAN
|
1
|
-Melaksanakan Peribadatan
a.Kegiatan Tadarusan
b.Shalat Wajib dan Sunnah Berjamaah
|
Untuk mendorong aktivitas ritual/ibadah
|
|
2
|
-Memperingati Hari-hari Besar Keagamaan
a.Peringatan Maulid NABI MUHAMMAD SAW
b.Peringatan Isra Mi’raj
|
Untuk mendorong siswa supaya meneladani dan
menggali makna/arti hari-hari besr keagamaan
|
|
3
|
-Melaksanakan Amaliyah sesuai dengan Norma dan
agama
a.Infak setiap hari jum’at
b.Aksi SOSIAL
|
Mendorong siswa untuk melaksanakan amal social
agar terbentuk pribadi yang berakhlaku mulia
|
|
4
|
-Membina toleransi kehidupan antarumat beragama
a.Mengkoordinir RM/ROHIS
|
Untuk menjunjung kerja sama dan saling menghargai
|
|
5
|
-Mengadakan lomba yang bernuansa keagamaan
a.Lomba MTQ
b.Lomba Kaligrafi
c.Lomba Lagu Rohani
|
Untuk menumbuhkan budaya kompetisi dan menambah
wawasan keagamaan
|
|
6
|
-Mengembangkan dan Memperdayakan kegiatan keagamaan di sekolah
a.Wisata Spiritual
b.Istigosah
c.Marawis
|
Untuk mengembangkan dan memperdayakan potensi
keagamaan di sekolah
|
|
Ø PROGRAM JANGKA PANJANG
ü Kegiatan
Tadarusan
ü Shalat
Wajib dan sunnah Berjamaah
ü Infak
Setiap hari jum’at
ü Mengkoordinir
RM/ROHIS
Ø PROGRAM JANGKA PENDEK
ü Peringatan
MAULID NABI MUHAMMAD SAW
ü Peringatan
ISRA MI’RAJ
ü Mengadakan
Lomba Yang bernuansa Islami, Seperti:
v Lomba
MTQ
v Lomba
Kaligrafi
v Lomba
Lagu Rohani
ü Wisata
Spiritual
ü Istigosah
ü Marawis
Program kerja sekbid 2
Ketua : debi karesa putri
Anggota :sania j.y
NO
|
Jenis kegiatan
|
deskripsi
|
contoh
|
Waktu pelaksanaan
|
1
|
Melakukan tata tertib dan kultur
sekolah
|
Melaksanakan kegiatan yang mendorong
siswa untuk mematuhi aturan
-aturan yang di junjung tinggi di
sekolah yang di jadikan pedoman dalam membangun kultur sekolah dan wawasan
wiyatamandal
|
-di siplin waktu
-mematuhi tata tertib
-budaya salam
-membuang sampah pada tempatnya
|
|
2
|
Melaksanakan gotong royong dan kerja
bakti
|
Melaksanakan kegiatan yang dapat
menumbuh kembangkan kepedulian social dan kerja sama siswa-siswi di
lingkungan sekolah
|
-kerja bakti kelas dan lingkungan
-bersih tempat ibadah
|
|
3
|
Melaksanakan norma-norma yang berlaku
dan tata karma pergaulan
|
Melaksanakan kegiatan untnk
meningkatkan kesadaran dan kepatuhan siswa terhadap norma-norma yang berlaku
dan tata karma pergaulan
|
-membiasakan senyum sapa salam
-menghormati warga sekolah/orana tua
-berprilaku terpuji
|
|
4
|
Menumbuhkan kesadaran untuk rela
berkorban terhadap sesame
|
melaksanakan kegiatan untuk
menumbuhkan kepekaan social dan sikap tolong menolong antar sesame
|
-berinfak
-menyntun anak yatim piatu
-berkurban
|
|
5
|
Menumbuh kembangkan sikap hormat dan
menghargai warga sekolah
|
Melaksanakan kegiatan pembiasaan yang
mendorong siswa untuk meningkatkan kesadaran sikap hormat menghormati dan
penghargaan terhadap warga sekolah
|
-halal bihalal
-apresiasi karya siswa
-pemilihan siswa berprestai
|
|
6
|
Melaksanakan
kegiatan 7 K (kemanan,kebersihan,ketertiban,keindahan,kekeluargaan,kedamaian
dan keringanan)
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan rasa
aman,bersih,tertib,indah,kekeluargaan,damai,dan kerindangan di lingkungan
sekolah
|
-melaksanakan
razia kelas
-melaksanakan
operasi semut
-lomba
kebersihan kelas
|
|
Program jangka panjang
kegiatan
|
Pelaksnaan
|
-di siplin waktu
|
|
-mematuhi waktu
|
|
-budaya salam
|
|
-buang sampah pada tempatnya
|
|
-membiasakan senyum sapa salam
|
|
-menghormati warga sekolah
|
|
-berprilaku terpuji dan lomba
kebersihan kelas
|
|
Program jangka pendek
kegiatan
|
Pelaksanaan
|
-kerja bakti kelas dan lingkungan
sekolah
|
|
-bersih-bersih tempat ibadah
|
|
-Menyantun anak yatim piatu
|
|
-berqurban
|
|
-halal bihalal
|
|
-apresiasi karya siswa
|
|
-pemilihan siswa berprestasi
|
|
-melaksanakan razia kelas
|
|
-melaksanakan operasi semut
|
|
PROGRAM JANGKA PANJANG
SEKBID 3
Pembinaan Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara
Pembinaan Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara
Ketua : Ahmad Fauji.
Redi Sukma.
Redi Sukma.
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Waktu Pelaksanaan
|
1.
|
Melaksanakan upacara bendera pada hari
Senin atau hari Sabtu, serta hari-hari besar nasional.
|
Melaksanakan kegiatan upacara bendera
baik yang rutin maupun insidental guna menumbuhkan kesadaran hidup berbangsa
dan bernegara dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin diri, nasionalisme
dan patriotisme.
|
ü
Upacara hari
Senin / Sabtu.
ü
Upacara HUT
RI, peringatanhari Sumpah Pemuda, dan hari Pahlawan.
|
|
2.
|
Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars
dan Hymne).
|
Melaksanakan kegiatan untuk menumbuh
kembangkan rasa cinta tanah air, kebanggaan terhadap bangsa dan Negara,
sertajiwa nasionalisme dan diikuti upaya pemaknaan dan penjiwaan syair
lagu/hymne.
|
ü
Menyanyikan
lagu wajib pada upacara bendera.
ü
Paduan suara.
|
|
3.
|
Melaksanakan kegiatan kepramukaan.
|
Melaksanakan kegiatan untuk menumbuh
kembangkan jiwa dan semangat kepanduan, kemandirian, kebersamaan,
kepemimpinan serta patriotisme.
|
ü
Pelatihan
kepemimpinan.
ü
Lomba PBB.
|
|
4.
|
Mengunjungi dan mempelajari
tempat-tempat bernilai sejarah.
|
Melaksanakan kegiatan untuk mengenal,
memahami, dan menghayati tempat-tempat yang bernilai sejarah guna menumbuhkan
sikap kebanggaan terhadap warisan sejarah.
|
-
|
|
5.
|
Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai
luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan.
|
Melaksanakan kegiatan untuk mngetahui,
memahami dan menghayati nilai-nilai luhur, semangat dan kepeloporan para
pahlawan yang telah banyak berjasa dalam membela dan menegakkan kedaulatan
bangsa dan Negara.
|
-
|
|
6.
|
Melaksanakan kegiatan bela Negara.
|
Melaksanakan kegiatan untuk menumbuh
kembangkan sikap waspada sebagai upaya untuk mengatasi ancaman, tantangan,
hambatan dan gangguan yang langsung atau tidak langsung terhadap NKRI dalam
menegakkan kedaulatan Negara dan kejayaan bangsa.
|
-
|
|
7.
|
Menjaga dan menghormati symbol-simbol
dan lambing-lambang Negara.
|
Melaksanakan kegiatan praktik dengan
cara menempatkan symbol/lambing Negara sehingga tumbuh kembang rasa bangga
serta hormat terhadap bangsa dan Negara.
|
ü
Menempatkan
tiang bendera, Lambang Garuda Pancasila, foto Presiden danWakil Presiden.
|
|
8.
|
Melakukan pertukaran siswa antar
daerah dan antar Negara.
|
Melaksanakan kegiatan untuk lebih
banyak memperkenalkan khasanah budaya antara satu daerah dengan daerah lain
sehingga terwujud jalinan persahabatan antar siswa / daerah yang semakin erat
sehingga dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
|
-
|
|
Program Sekbid 4
Pembinaan Prestasi
Akademik, Seni, Dan Olahraga Sesuai Bakat Dan Minat
Nama : Riyan Permana
Izaz Badrudin
No
|
Program
|
Tujuan
|
Pelaksanaan
|
1
|
Mengadakan lomba
mata pelajaran/program ke ahlian
|
Untuk
meningkatkan daya saing antar siswa dengan dilandasi sikap mental positif,
disiplin dan sportif
|
|
2
|
Menyelenggarakan
kegiatan ilmiah
|
Untuk menumbuhkan
kesadaran cinta ilmu pengetahuan dengan cara melakukan berbagai penelitian
ilmiah baik disekolah/ diluar sekolah guna menggali potensi siswa agar dapat
berfikir kritis, sistemais dan logis
|
|
3
|
Mengadakan
kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan
teknologi (iptek)
|
Untuk menambah
wawasan siswa dan sekaligus dapat menggali potensi berfikir kritis melalui
maupun tak resmi terkat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi
|
|
4
|
Mengadakan study
banding dan kunjungan (study wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
|
Untuk menambah
pengalaman langsung terhadap obyek-obyek sumber belajar yang berhubungan
dengan pencapaian kompetensi dan keterampilan mata pelajaran tertentu.
|
|
5
|
Mendesain dan
memproduksi media belajar
|
Untuk kerja
keterampilan dan kreativitas dalam pencapaian suatu kompetensi tertentu.
|
|
6
|
Mengadakan sebuah
pameran karya inovatif dan hasil penelitian
|
Untuk
meningkatkan rasa percaya diri dan aktualisasi diri.
|
|
7
|
Mengoptimalkan
pemanfaatan perpustakaan sekolah
|
Untuk
meningkatkan kebiasaan menbaca dan pembudayaan iklim akademis dengan cara
memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai salah satu sumber belajar.
|
|
8
|
Membentuk club
sains, seni, dan olahraga
|
Untuk menyalurkan
bakat dan minat melalui klub-klub disekolah dengan bimbingan dan latihan
intesif dan komprehensif guna mempersiapkan siswa pada setiap kompetesi baik
internal maupun eksternal sekolah.
|
|
9
|
Menyelenggarakan
festival dan seni
|
Untuk
menumbuhkembangkan budaya kompetesi dan meningkatkan apresiasi seni baik di
tingkat sekolah, kabupaten/kota.provensi,nasional maupun inter nasional.
|
|
10
|
Menyelenggarakan
lomba dan pertandingan olahraga
|
Untuk
meningkatkan keterampilan siswa dalam bidang olahraga
|
|
Program jangka panjang
dan jangka pendek
Jangka pendek : -Mengadakan lomba
mata pelajaran/program ke ahlian
-Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
-Mengadakan kegiatan
workshop, seminar, diskusi panel yang …………………...bernuansa ilmu pengetahuan dan
teknologi (iptek)
-Mengadakan study banding dan kunjungan (study wisata) ke. tempat-tempat
sumber belajar
-Mendesain dan memproduksi media belajar
-Mengadakan sebuah pameran karya inovatif dan hasil . . , .. penelitian
-Menyelenggarakan festival dan seni
-Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga
Program jangka
panjang : -Mengoptimalkan pemanfaatan
perpustakaan sekolah
-Membentuk club sains,
seni, dan olahraga
Program kerja sekbid 6
Pembinaan
kreatifitas,keterampilan dan kewirausahawan
Ketua : andhika fajar
Anggota :-cindi devia N P
-fitri nurrohmah
No
|
Jenis kegiatan
|
deskripsi
|
contoh
|
pelaksanaan
|
1
|
Meningkatkan
kreatifitas dan keterampilandalam menciptakan suatubarang menjadi lebih
berguna
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran & kemauan untuk meningkatkan nilai
guna dan memanfaatkan barang bekas melalui 3R (recycle/dur ulang,reduce/mengurangi,reusel/memakai
kembali sebagai upaya untuk mengurangi limbah/atau sampah yang dapatmencemari
lingkungan )
|
-membuat
composing
-membuat
tas dari limbah plastic
-membuat
sandal dari limbah ban
|
|
2
|
Meningkatkan
kreatifitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan yang terampil dan
kreatif guna memberdayakan potensi serta mendidik siswa agar kelak dapat
menjadi pengusaha
|
-pelatihan
MC,fhotografy,jurnalistik,broadcasting,guide
-pelatihan
barang-barang kerajinan home industry ( kain batik,hiasan kramik,hiasan
logam,dll)
|
|
3
|
Meningkatkan
usaha koperasi siswadan unit produksi
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbug kembangkan jiwa wira usaha siswa yang mencakup bidang
manajemen maupun unit-unit produksi di sekolah
|
-mendirikan
koperasi siswa
-
memiliki unit produksi (kue,kerajinan jasa photocopy,dll
-bertanggung
jawab di kopsis
-adanya
piket harian di kopsis
-mencari
dana untuk kopsis
-memproduksi
makanan ringan
-memproduksi
makanan berat
|
|
4
|
Melaksanakan
praktek kerja nyata (PKN),pengalaman kerja lapangan (PKL),praktek kerja
industry (prakerin)
|
Meningkatkan
kompetensi siswa dalam bidang tertentu sebagai prasyarat untuk memenuhi
tuntutan memasuki dunia kerja setelah menyelesaikanpembelajaran pada tingkat
satuan pendidikan
|
-melakukan
PKL,PKN,prakerin di kantor,perusahaan/hotel
|
|
5
|
Meningkatkan
kemampuan keterampila siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan
khusus
|
Melaksanakan
kegiatan untuk meningkatkan unjuk kerja(performance) siswa dalam
penguasaansuatu keterampilan tertentu yang berkebutuhan khusus
|
-magang
-uji
tes
-sertifikasi
keahlian khusus
|
|
6
|
Merawat
mading
|
Menyambungkan
kreatifitas siswa & menyalur bakat siswa
|
-mengembangkan
kembali kotak saran
-melombakan
perlombaan-perlombaan karya siswa smawar
-berita
madding
-kotak
pengetahuan
-pameran
hasil karya siswa
|
|
Program jangka panjang
kegiatan
|
pelaksanaan
|
-mendirikan
koperasi siswa
|
|
-memproduksi
makanan ringan
|
|
-memproduksi
makanan berat
|
|
-bertanggung
jawab di kopsis
|
|
-adanya
piket harian di kopsis
|
|
-mencari
dana untuk kopsis
|
|
-berita
madding
|
|
Program jangka pendek
kegiatan
|
Pelaksanaan
|
-membuat
compossing
|
|
-membuat
tas dari limbah plastic
|
|
-membuat
sandal dari limbah ban
|
|
-pelatihan
MC,photography,jurnalistik,broadcasting,guide
|
|
-pelatihan
barang-barang kerajinan home industry ( kain batik,hiasan kramik dan
logam,dll)
|
|
-memiliki
unit produksi (kue,kerajinan,jasa photocopy,dll)
|
|
-melakukan
PKL,PKN,prakerin di kantor perusahaan/hotel
|
|
-magang
|
|
-uji
tes
|
|
-sertifikasi
keahlian khusus
|
|
-mengembangkan
kembali kotak saran
|
|
-melombakan
perlombaan karya siswa siswi smawar
|
|
-kotak
pengetahuan
|
|
-pameran
hasil karya siswa
|
|
PROGRAM JANGKA
PENDEK SEKBID 9
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Ketua : Yuda Taufiq
Januarsah.
Siti Nurlisani.
Siti Nurlisani.
No.
|
Jenis
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Waktu
pelaksanaan
|
1.
|
Memanfaatkan
TIK untuk mamfasilitasi kegiatan pembalajaran.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk memberikan motivasi kepada guru dan siswa dalam meningkatkan
mutu pembalajaran yang memanfaatkan TIK sebagai media.
|
ü Pembuatan
milis diskusi per mata pelajaran.
ü Lomba
desain web perpustakaan digital.
ü Membuka
SMS Center.
|
|
2.
|
Menjadikan
TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa dalam berinovasi,
sehingga menjadi lebih kreatif dalam penggunaan TIK.
|
ü Lomba
desain web/blog.
ü Lomba
pembuatan animasi.
ü Lomba
gambar 3D.
ü Lomba
pembuatan games online.
|
|
3.
|
Memanfaatkan
TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dan integritas
kebangsaan dengan memanfaatkan TIK.
|
ü Lomba
web/blog budaya daerah.
ü Lomba
web/blog music tradisional.
ü Lomba
web/blog pahlawan nasional.
|
|
Program jangka
pendek : -
Program jangka
panjang : - Memanfaatkan TIK untuk
mamfasilitasi kegiatan pembalajaran
-
Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi
-Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan
integritas kebangsaan
PROGRAM SEKBID 10
Pembinaan Komunikasi Dalam Bahasa Inggris
Pembinaan Komunikasi Dalam Bahasa Inggris
Ketua : Ressa.
Rinawati M.Y.
Rinawati M.Y.
No.
|
Jenis
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1.
|
Melaksanakan
lomba debat dan pidato.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa
Inggris secara aktif dan produktif melalui lomba debat dan pidato berbahasa
Inggris.
|
ü Lomba
debat Bahasa Inggris.
ü Lomba
pidato Bahasa Inggris.
|
|
2.
|
Melaksanakan
lomba menulis dan korespondensi.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan dan sekaligus mengasah bakat, minat, dan
kemampuan siswa dalam menulis Bahasa Inggris.
|
ü Lomba
korespondensi.
ü Lomba
menulis cerita.
ü Lomba
membuat resensi buku.
ü Lomba
menulis laporan.
|
|
3.
|
Melaksanakan
kegiatan English Day.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk memotivasi dan sekaligus meningkatkan kemampuan berkomunikasi
dalam Bahasa Inggris dengan memilih salah satu hari sebagai hari wajib
berbahasa Inggris.
|
ü Hari
Sabtu sebagai English Day.
|
|
4.
|
Melaksanakan
kegiatan bercerita dalam Bahasa Inggris (Story
Telling).
|
Melaksanakan
kegiatan untuk kebolehan yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan
berbahasa Inggris melalui bercerita dalam Bahasa Inggris.
|
ü Lomba
Story Telling.
ü Lomba
membawakan berita dalam Bahasa Inggris.
|
|
5.
|
Menyediakan
kotak saran.
|
Untuk
menyampaikan aspirasi siswa, mengenai apapun yang berkaitan dengan Bahasa
Inggris.
|
ü Kotak
saran.
|
|
6.
|
Mewajibkan
setiap kelas membuat karya seni.
|
Untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam sastra Bahasa Inggris.
|
ü Cerpen,
puisi, atau berita.
|
|
7.
|
Kolaborasi
antara ekstrakulikuler Teater dan English Club.
|
Untuk
melancarkan berbicara Bahasa Inggris dan mengasah bakat siswa.
|
ü Cabaret
/ drama dalam Bahasa Inggris.
|
|
PROGRAM JANGKA
PENDEK SEKBID 10
Pembinaan Komunikasi Dalam Bahasa Inggris
Pembinaan Komunikasi Dalam Bahasa Inggris
Ketua : Ressa.
Rinawati M.Y.
Rinawati M.Y.
No.
|
Jenis
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1.
|
Melaksanakan
lomba debat dan pidato.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa
Inggris secara aktif dan produktif melalui lomba debat dan pidato berbahasa
Inggris.
|
ü Lomba
debat Bahasa Inggris.
ü Lomba
pidato Bahasa Inggris.
|
|
2.
|
Melaksanakan
lomba menulis dan korespondensi.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan dan sekaligus mengasah bakat, minat, dan
kemampuan siswa dalam menulis Bahasa Inggris.
|
ü Lomba
korespondensi.
ü Lomba
menulis cerita.
ü Lomba
membuat resensi buku.
ü Lomba
menulis laporan.
|
|
3.
|
Melaksanakan
kegiatan bercerita dalam Bahasa Inggris (Story
Telling).
|
Melaksanakan
kegiatan untuk kebolehan yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan
berbahasa Inggris melalui bercerita dalam Bahasa Inggris.
|
ü Lomba
Story Telling.
ü Lomba
membawakan berita dalam Bahasa Inggris.
|
|
4.
|
Kolaborasi
antara ekstrakulikuler Teater dan English Club.
|
Untuk
melancarkan berbicara Bahasa Inggris dan mengasah bakat siswa.
|
ü Cabaret
/ drama dalam Bahasa Inggris.
|
|
PROGRAM JANGKA
PANJANG SEKBID 10
Pembinaan Komunikasi Dalam Bahasa Inggris
Pembinaan Komunikasi Dalam Bahasa Inggris
Ketua : Ressa.
Rinawati M.Y.
Rinawati M.Y.
No.
|
Jenis
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1.
|
Melaksanakan
kegiatan English Day.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk memotivasi dan sekaligus meningkatkan kemampuan berkomunikasi
dalam Bahasa Inggris dengan memilih salah satu hari sebagai hari wajib
berbahasa Inggris.
|
ü Hari
Sabtu sebagai English Day.
|
|
2.
|
Menyediakan
kotak saran.
|
Untuk
menyampaikan aspirasi siswa, mengenai apapun yang berkaitan dengan Bahasa
Inggris.
|
ü Kotak
saran.
|
|
terima kasih Rizki... sangat bermanfaat utk dijadikan pedoman, salam kenal...!
BalasHapussama2, mudah2an bermanfaat
HapusHaturnuhun
BalasHapussami2
HapusSaran terbaik utk OSIS bidang kebahasaan
BalasHapussiap, terima kasih
HapusSaran terbaik utk OSIS bidang kebahasaan
BalasHapusSaran terbaik untuk osis di bidang informasi dan komunikasi?
BalasHapusThank you very much
BalasHapus